Tips mengatasi Blackberry yang lemot

Tips mengatasi Blackberry yang lemot
12/08/2012 No Comments Technology John Pedro

Smartphone Blackberry tiba-tiba menjadi lemot atau lambat mungkin sudah sering Anda  dengar. Kejadian tersebut dapat terjadi pada semua tipe smartphone Blackberry mulai dari Blackberry 8320, Blackberry Bold hingga Blackberry Curve dan lain-lain. Jika Anda mengalami hal tersebut, tentunya akan sangat menjengkelkan terutama apabila Anda sedang membutuhkan mobilitas yang sangat tinggi.

Selain lemot atau lambat, terkadang Blackberry mengalami masalah hilang sinyal. Penyebab Blackberry menjadi lemot atau lambat itu sangat beragam, beberapa diantaranya akibat membuka beberapa file/aplikasi sekaligus atau sedang menggunakan fasilitas internet tanpa memori eksternal. Penggunaan memori eksternal mempunyai peran yang sangat penting untuk mengatasi masalah Blackberry lemot atau lambat khususnya dalam penyimpanan dan pengolahan data di handphone Anda.

Untuk mengatasi masalah smartphone Blackberry yang lemot atau lambat, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan trik cara mengatasi Blackberry yang lemot atau lambat berikut ini :

  1. Pastikan memori internal smartphone Blackberry Anda masih mencukupi kapasitasnya. Jika sudah penuh, Anda dapat membuang atau meng-uninstall beberapa aplikasi yang tidak penting.
  2. Install aplikasi Blackberry yang penting saja. Installah aplikasi yang menurut Anda berguna dan penting. Jangan sampai aplikasi yang telah diinstall tadi menghabiskan memori yang ada. Semakin banyak aplikasi yang terinstall maka semakin lemot atau lambat smartphone Blackberry Anda.
  3. Batasi grup BBM yang ada di Blackberry. Banyaknya grup BBM dapat membuat memori smartphone Anda semakin penuh. Oleh karena itu, optimasilah beberapa grup BBM yang tidak terpakai agar tidak menambah lemot atau lambat kinerja smartphone Blackberry Anda.
  4. Segera tutup chat BBM jika tidak dipakai. Jangan sampai Anda Pusat Teknologi tidak menutup akses chat BBM selama beberapa hari, hal ini akan menyebabkan  percakapan Anda semakin menumpuk, imbasnya Blackberry semakin lambat. Jika Anda merasa bahwa percakapan yang Anda lakukan tersebut penting, Anda dapat menyimpan percakapan tersebut di media card melalui menu Setting di BBM – Options – Cari Save Chat History lalu pilih media card
  5. Biasakan untuk menghapus cache memory di browser Anda. Caranya, gunakan Menu BlackBerry -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history. cara ini lumayan ampuh untuk menghapus cache.
  6. Biasakan melakukan clear log. Clear log merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mempercepat kinerja Blackberry. Cara melakukan Clear log ialah dengam menekan tombol alt+LG+LG secara bersamaan -> Menu BlackBerry -> Clear Log
  7. Hapuslah email lama yang tidak penting. Mungkin Anda merasa email tidak berpengaruh, ternyata anggapan tersebut salah. Justru inbox email mempunyai pengaruh besar terhadap pemakaian memori Blackberry. Pada saat Anda melakukan penghapusan atau delete email pilih On Mailbox & Handheld untuk menghapus email di BlackBerry dan di Mailbox Server.
  8. Bersihkan memori Blackberry secara rutin. Pembersihan memori berguna untuk memaksimalkan efisiensi pada smartphone Blackberry. Caranya tekan Menu BlackBerry -> Options -> Security Options -> Memory Cleaning -> Ubah status ke posisi ENABLE -> Menu BB -> Clean Now
  9. Gunakan memori eksternal. Penggunaan memori eksternal sangat penting untuk menunjang memori internal Blackberry agar tidak habis. Anda juga dapat meyimpan segala bentuk file foto, video, ataupun lainnya ke dalam memori eksternal. Cara memindahkannya pun sangat mudah cukup tinggal mengubah setting media card pada Menu BlackBerry -> Options -> Memory -> Ganti status media Card Support menjadi ON.

Gunakan soft reset atau hard reset. Cara yang terakhir ini ialah cara yang paling akhir ditempuh jika Blackberry Anda masih mengalami lemot atau lambat. Langkah-langkah Soft Reset ialah tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del (Khusus Blackberry yang menggunakan keyboard). Sedangkan cara untuk Hard Reset ini biasa dikenal pula dengan istilah cabut baterai. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama maksimal 1 menit kemudian pasang kembali baterainya.

sumber: http://pusatteknologi.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp