Cara Entri Penjualan Niagapro Retail

Cara Entri Penjualan Niagapro Retail
17/09/2013 No Comments Tutorials John Pedro

Form ini digunakan untuk menyimpan data-data transaksi penjualan tunai maupun kredit , Suatu penjualan dianggap tunai adalah apabila pada saat kita melakukan transaksi penjualan atau menginput data penjualan apabila tanggal penjualan sama dengan tanggal jatuh tempo maka transaksi penjualan tersebut dianggap tunai  maka otomatis dalam hal ini piutang tidak muncul.

Suatu penjualan dianggap kredit pada modul penjualan ini adalah apabila pada saat kita melakukan transaksi penjualan atau menginput data penjualan bila tanggal penjualan lebih kecil dari tanggal jatuh tempo maka transaksi penjualan tersebut dianggap kredit maka otomatis dalam hal ini piutang muncul, jumlah stok barang juga otomatis akan berkurang setelah data penjualan ini disimpan.

Semua data-data yang telah tersimpan akan tampil kembali pada tabel penjualan yang ada pada form penjualan kecuali data penjualan kredit yang telah dilakukan pembayaran, data tersebut tidak akan tampil lagi pada tabel penjualan untuk memunculkannya kembali anda harus menghapus data pembayaranya yang telah diinput sebelumnya pada menu pelunasan piutang.

Pada form penjualan ini juga disediakan fasilitas untuk mencetak faktur dan surat jalan dan setup faktur, semua data yang ada pada setup faktur ini otomatis akan tampil pada faktur penjualan nantinya  seperti terlhat pada gambar dibawah ini.

 

 

 

Gambar 2.2 Setup Faktur

MENAMBAH DATA PENJUALAN

Cara menambah data penjualan adalah sebagai berikut :

  1. Pilih Langganan yang diinginkan, kalau belum ada tambah data langganan baru pada master langganan.
  2. Pilih Salesman sesuai dengan nama salesman yang ada.
  3. Pilih tanggal penjualan pada pilihan tanggal.
  4. Pilih tanggal jatuh tempo pada pilihan jatuh tempo, kalau penjualan yang dilakukan adalah penjualan secara tunai maka tanggal dan jatuh tempo harus sama.
  5. Isi uang muka kalau pakai uang muka.
  6. Selanjutnya isi rincian barang pada tabel isian rincian barang, isikan kode barang pada kolom kode barang yang telah disediakan, anda dapat mengisikannya dengan cara mengetikkan langsung kode barang pada kolom tersebut kemudian tekan enter selanjutnya otomatis kode barang dan nama barang serta harganya langsung masuk ke masing-masing kolom data-data barang yang telah disediakan  atau anda dapat memilihnya langsung pada tampilan daftar barang yang telah disediakan dengan cara mengklik terlebih dahulu tanda panah kebawah    yang ada pada kolom nama barang atau anda juga dapat langsung mengetikkan nama barang pada kolom  nama barang otomatis akan tampil daftar nama barang sesuai dengan nama barang yang anda ketikkan pada kolom nama barang,  seperti yang terlihat pada gambar 2.7 berikut ini, daftar barang tidak akan muncul kalau stok barang belum ada, jadi untuk memunculkan daftar barang terlebih dahulu stok barang harus ada, anda dapat mengisinya lewat pembelian atau stok awal atau penyesuaian stok.

 

 

 

 

Gambar 2.3 Tampilan Daftar Barang

  1. Untuk mengambil salahsatu data yang diinginkan adalah dengan cara double klik salah satu data barang yang ada pada master barang , misalnya anda menginginkan kode barang A003 maka double klik data barang tersebut maka otomatis kode barang dan nama barang serta harganya langsung masuk ke masing-masing kolom tabel data-data barang yang telah disediakan, atau anda dapat langsung mengetikkan nama barang yang diinginkan pada kolom nama barang otomatis nantinya tampil daftar data-data barang yang sesuai dengan nama barang yang anda ketikkan, untuk harga satuan juga dapat diketik secara manual .
  2. Ketikkan jumlah pada kolom jumlah kemudian tekan enter, selanjutnya otomatis total harga akan tampil dengan sendirinya.
  3. Pilih satuan jika ingin merobah satuan.
  4. Ketikkan discount pada kolom discount kemudian tekan enter, selanjutnya otomatis total harga akan tampil dengan sendirinya.
  5. Harga satuan juga bisa diketik secara manual apabila diinginkan.
  6. Ketik SN (Serial Number ) suatu produk kalau ada, biasanya SN ini untuk barang-barang elektronik seperti HP dll, sebelumnya kode SN harus dimasukkan terlebih dahulu pada form pembelian kalau tidak SN akan ditolak.
  7. Kemudian tekan tombol simpan untuk menyimpan data .
  8. Data-data yang sudah tersimpan dapat dilihat pada tampilan tabel data-data Penjualan.

 

MEMPEBAIKI DATA PENJUALAN

Cara memperbaiki data penjualan adalah sebagai berikut :

  1. Double klik salahsatu data yang akan diperbaiki yang ada pada tampilan data penjualan, otomatis rincian barang terhadap data penjualan yang didouble klik tersebut tampil pada form isian rincian penjualan, selanjutnya anda siap untuk memperbaiki data-data penjualan tersebut dan kalau seandainya anda ingin menghapus salahsatu data barang yang tampil pada tampilan tabel rincian barang caranya adalah pertama-tama klik salah satu kode barang yang ingin dihapus kemudian tekan tombol hapus baris.
  2. Selanjutnya tekan tombol simpan untuk menyimpan hasil perbaikan.

 

MENGHAPUS DATA PENJUALAN

Cara menghapus data penjualan adalah sebagai berikut :

  1. Pilih salahsatu data yang akan dihapus yang ada pada tampilan tabel data-data penjualan.
  2. Kemudian tekan tombol hapus untuk menghapus data, kemudian akan tampil konfirmasi penghapusan data.
  3. Klik Yes untuk menghapus data atau no untuk membatalkan.

 

MENCETAK FAKTUR  & SURAT JALAN

Cara mencetak faktur penjualan adalah sebagai berikut :

  1. Pilih langganan, otomatis tabel data-data penjualan akan terisi sesuai dengan langganan yang dipilih.
  2. Centang salah satu atau beberapa faktur yang ada pada tabel seperti yang terlihat pada gambar 2.4 berikut ini, kemudian tekan tombol Print Faktur atau tekan tombol Print Surat Jalan untuk mencetak ke printer, sebelumnya pastikan printer harus dalam keadaan siap .
Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp